Resep Pepes Tahu ala Keluarga Angga

Sebelum kami nikah pas Angga tau aku lumayan bisa masak dia tanya gini, “kamu bisa bikin pepes tahu?” Karena waktu itu aku masih belajar masak jadi ya bingung aku jawabnya, hahahaha… Dan kebetulan juga si pepes tahu ini belom pernah bikin. Tapi pede banget deh jawabnya waktu itu, “bisa dong…” Entah karena songong atau kepedean, tapi akhirnya aku belajar bikin pepes tahu ini.

Pas awal nikah malah Angga yang ajarin aku bikin pepes tahu yang dia suka ala mamanya. Ternyata ada sedikit beda antara pepes tahu buatan mamaku sama mama Angga. Mama Angga suka nambahin irisan tomat ke dalam pepesannya. Rasanya ada manis-manis asemnya! Jadi seger dan enak! Terus aku juga diajarin mama mertua kalo mau enak tambahin tofu (tahu telor) ke dalam adonan pepesan, dilumatkan juga. Ini bikin rasanya jadi makin gurih-gurih enyoi, hehehe… Lembut-lembut gimana gitu.

Pertama siapkan dulu daun pisangnya, dilap sampai bersih ya… Bahan-bahannya juga simple n gak mahal, siapkan tahu, telur, tahu telor/tofu (optional), bawang putih bawang merah, cabe merah, cabe rawit, daun salam, daun kemangi, daun bawang dan tomat.

Pepes Tahu

Lal siapkan bumbunya, haluskan bawang putih dan bawang merah, kalau mau diiris juga gapapa kok. Sama jangan lupa iris-iris juga daun bawang dan cabai merahnya… Kalau cabai merahnya mau ikutan diulek saranku jangan banyak-banyak tar pepesnya jadi merah banget. Tar malah jadi pepes tahu balado, hehehe… Tapi itu tergantung selera, masak buatku kayak seni, gak pernah salah. 🙂

Lalu lumatkan tahu dan tahu telor (optional) dengan menggunakan garpu hingga halus.

Jika semua sudah beres, tinggal dicampur aja semuanya.

Pepes Tahu-4

Aduk sampai rata… Taaaraaaa… Cepat dan simple banget kan!

Pepes Tahu-5

Kalau sudah begini tinggal dibungkus aja, satu pepesan kira-kira 2 sdm adonan pepes tahu. Pas mau dibungkus daun, tambahkan selembar daun salam dan cabe rawit. Cabe rawitnya boleh diiris atau dibiarkan utuh. Ohya, pakai dua lapis daun pisang ya, buat jaga-jaga kalau bocor. Dua lapis daun pisang ini wajib banget kalau buat bungkus-bungkus pepes begini.

Pepes Tahu-6

Semat pakai tusuk gigi atau lidi, ya! Lalu gunting kedua bagian ujung nya agar terlihat lebih rapi.

Pepes Tahu-7

Pepes ini bisa dimasak dengan 3 cara, mulai dari yang terempong hingga yang termudah, hehehe… Aku sih yang termudah aja yaitu dengan cara dikukus. Kalau yang paling rempong ya dibakar pakai arang. Atau bisa juga pakai teflon. Dua cara ini menghasilkan pepes tahu yang lebih kering. Jika dikukus hasilnya lebih moist dan lembut. Tapi kalau mau dikeringin juga bisa kok, habis dikukus tinggal dipanasin aja di atas teflon sampai kering. Kukus pepes kira-kira selama 30 menit.

Pepes Tahu-9

Taraaa… Akhirnya pepes tahunya sudah matang!

Pepes Tahu-8

Diamkan dulu ya sampai agak adem, jadi gak panas pas mau dimakan…

Pepes Tahu-10

Bikin laper ya temen-temen, masih anget-anget langsung dimakan. Yummyy….

Pepes Tahu-11

Angga suka banget pepes tahu begini. Aku yang tadinya biasa-biasa aja juga jadi suka, hehehe…

Yuk, bikin pepes tahu di rumah. Murah, mudah, sehat dan juga enak! Mantaplah pokoknya!

Resep Pepes Tahu

 

Bahan:

2 buah tahu ukuran besar

2 butir telur ayam (kalau tahunya kecil pakai satu butir aja, atau kalau vegan, telurnya diskip aja)

2 buah tofu/tahu telor (optional, tofunya 1 juga boleh)

1 butir tomat

3 ikat kemangi

2 butir tomat ukuran sedang (boleh diskip jika tidak suka, tapi tomat ini bikin rasa pepes jadi seger!)

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 batang daun bawang

2 buah cabai merah

Cabai rawit secukupnya

15 lembar daun salam (bisa kurang atau lebih)

½ sdt lada

2 sdm minyak sayur

Garam dan gula secukupnya

Daun pisang

Tusuk gigi atau lidi

 

Cara membuat:

1.    Lap bersih daun pisang.

2.    Lumatkan tahu dan tofu.

3.    Haluskan bawang putih dan bawang merah. Iris tipis cabai merah dan daun bawang. Dan iris tomat.

4.    Jika sudah siap semua, campurkan tahu yang sudah dihasulkan dengan bumbu, cabai merah, daun bawang, tomat iris, kemangi yang telah dipetik, telur dan minyak sayur. Bumbui dengan garam, lada dan gula secukupnya.

5.    Bungkus adonan pepes tahu dengan daun pisang sebanyak 2 sendok makan lalu semat kedua ujungnya menggunakan tusuk gigi. Lalu gunting sisa daun di kedua ujungnya agar terlihat lebih rapi.

6.    Kukus sekitar 30 menit. Bisa juga dipanggang di atas arang atau menggunakan Teflon.

7.    Pepes tahu siap disajikan!

 

Ohya, jika pepes tahu ini masih ada sisa bisa juga digoreng keesokan harinya. Jadi kayak bakso tahu goreng berbumbu yang wangi gitu, hehehehe… Enak deh!

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s