Resep Dorayaki, Makanan Favorit Doraemon!

Waktu kecil tiap nonton Doraemon pasti selalu deh si Doraemon ini makan dorayaki sepiring gede. Terus makannya lahap banget, yang nonton bengong aja sampai nelen ludah. Ngebayang rasa dorayaki itu seperti apa sih? Waktu kecil kami juga sering membayangkan kelezatan Dorayaki yang entah seperti apa rasanya… Mungkin manis, terus tengah-tengahnya ada kayak coklat-coklat, mungkin macam selai coklat. Keliatannya sih enak.

1-2-c7dac
Foto diambil dari sini

Bertahun-tahun lewat namun film Doraemaon masih tetap tayang di RCTI tiap minggu pagi. Semakin kami besar, frekuensi nonton Doraemon pun semakin berkurang. Semakin hilang juga rasa penasaran kami sama kue favoritnya Doraemon, hehehe…

Dorayaki-11Beberapa tahun lalu kami mencoba buat kue dorayaki ini, resepnya ya cari-cari di Internet lah, banyak kok, hehehe… Ternyata dorayaki itu seperti pancake sandwich berisi filling pasta kacang merah. Namun sekarang banyak sekali varian rasanya bukan hanya kacang merah. Rasa Dorayaki ini mirip dengan rasa honey sponge cake Jepang yang terkenal itu, Castella. Daripada penasaran dicoba aja yuk buat di rumah!

 

Dorayaki-9
Pasta kacang merah

Pertama kocok telur, madu dan gula hingga pucat dan mengembang.

Dorayaki-5

Lalu masukkan tepung terigu, baking powder dan baking soda sambil diayak. Aduk balik dan pastikan tidak ada gumpalan tepung.

Dorayaki

Jangan diaduk terlalu lama.

Dorayaki-2

Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk.

Dorayaki-4

Diamkan selama sekitar 30 menit hingga muncul gelembung di permukaan adonan kue.

Dorayaki-5

Panaskan wajan sabil diolesi sedikit minyak, tuang adonan dorayaki ke atas wajan dan tunggu hingga muncul gelembung-gelembung kemudian balik.

Dorayaki-6

Angkat jika permukaan sudah kecoklatan.

Dorayaki-7

Oles satu bagian dorayaki dengan selai yang disukai dan tempel dengan dorayaki, kemudian rapatkan.

Dorayaki-8

Siap disajikan!

Dorayaki-10

Sayangnya dorayaki yg kami buat gak serapih chef Alan, hehehe… Walau begitu dorayaki ini enak dan empuk, lho! Rasa manisnya pun pas.

DORAYAKI
Sumber: Travelling Foodies
Hasil: 8-9 Dorayaki

Bahan-bahan:
4 butir telur
100 gr gula
1 sdm madu
160 gr tepung terigu protein rendah
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
2-3 sdm air
minyak untuk mengolesi wajan

pasta kacang merah atau selai lainnya sebagai filling dorayaki

Cara membuat:
1. Kocok telur, madu dan gula hingga pucat dan mengembang.
2. Masukkan tepung terigu, baking soda dan baking powder sambil diayak. Aduk hingga rata dengan cara aduk balik.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk.
4. Diamkan selama sekitar 30 menit hingga muncul gelembung di permukaan adonan kue.
5. Panaskan wajan sabil diolesi sedikit minyak, tuang adonan dorayaki ke atas wajan dan tunggu hinggan muncul gelembung-gelembung kemudian balik. Angkat jika permukaan sudah kecoklatan.
6. Oles satu bagian dorayaki dengan selai yang disukai dan tempel dengan dorayaki, kemudian rapatkan.
7. Dorayaki ini siap disajikan atau simpan dalam wadah di lemari es jika ingin dinikmati esok hari.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s