Buat Anpan Pakai Metode KSB, yuk! Si Roti Empuk Super Kilat

Killer soft bread ini sempat booming banget di Instagram beberapa waktu lalu. Karena mudah, cepat dan juga hasilnya memuaskan. Bagaimana tidak? Metode pembuatan roti ini hanya membutuhkan satu kali proofing saja. Untuk membuat Anpan ini, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam, sangat cepat.

Roti Anpan-3

Roti ini sempat viral lebih dulu di China dan ada blogger yang memposting dan menerjemahkan resep tersebut ke dalam bahasa Inggris sehingga memudahkan orang di negara lain untuk mempraktekkan resep ini.

Roti Anpan
Proses pembuatan roti ini sangat mudah karena hanya membutuhkan satu kali proofing saja, yaitu setelah roti dimasukkan ke loyang atau dibentuk dan diberi isian.

Kali ini kami membuat roti Anpan, roti isi anko atau pasta kacang merah namun dengan menggunakan metode KSB. Berikut resepnya.

Bahan :
260 gr tepung terigu protein tinggi (karena buatnya mendadak dan gak nemu stok tepung protein tinggi jadi cuma pake tepung protein sedang)
30 gr gula pasir (kami 40 gr)
3 gr ragi instan
1 butir telur ditambahkan susu cair hingga berat total 160-180 gr (kami 180 gr)
30 gr butter
Sejumput garam
Isian:
Anko/ pasta kacang merah
Wijen
Olesan :
1 butir telur
3 sdm susu cair
Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk hingga rata.
2. Masukkan campuran telur dan susu. Aduk hingga rata di dalam campuran terigu. Uleni hingga kalis.
3. Masukkan butter dan garam, uleni kembali hingga kalis dan elastis.
4. Bagi adonan dengan berat 40 gr, bulatkan dan diamkan 10 menit.
5. Beri isian anko dan bulatkan atau bentuk sesuai selera kemudian tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin. Diamkan hingga mengembang 2x lipat. (sekitar 45-60 menit)
5. Oles dengan bahan olesan, taburi topping wijen dan panggang dengan suhu 180’C selama 10-15 menit. (aku pakai suhu 200’C selama 10 menit, kenali oven masing-masing, ya!)
6. Keluarkan dari oven.
Roti Anpan-2
Notes:
Anko yang kami pakai untuk isian ini bisa dibeli di Toko Bahan Kue atau membuat sendiri. Caranya rendam adzuki (kacang merah) kira-kira 3-5 jam. Lalu rebus kacang hingga 2-3 jam. Selama proses perebusan ganti air sekitar 2-3 kali. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit. Jika sudah lembut, masak dan masukkan gula sesuai selera, dan sedikit garam untuk mengimbangi rasa manis. Masak di api kecil dan aduk-aduk hingga air agak susut. Matikan kompor dan diamkan pada suhu ruang. Pasta kacang merah ini bisa awet di lemari es sekitar 2 minggu, atau freezer sekitar 1-2 bulan.
Roti Anpan-4
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s