Menikmati Senja di Pinggir Kali Cisadane, Tangerang

Mungkin ini melenceng dari judul tapi ya ini ada keterkaitannya juga. Ada artikel yang belum lama ini kami baca dan itu menarik banget. Jadi Angga dapat materi soal positive thinking untuk presentasi di depan rekan-rekan kerjanya di kantor. Dan kami menemukan satu kata ini, yang katanya bisa membuat kita bahagia. Coba teman-teman terjemahkan dan interepretasikan, “plan a trip, but don’t take it.” Angga yang lagi siapin materi nanya ke aku, maksudnya apa ya? Aku mikir keras, “rencanakan sebuah perjalanan, tapi jangan dilakukan”. Apa begitu? Apa aku salah terjemahin? Aku sempat mikir beberapa kali sampe akhirnya aku nyerah dan nanya ke Google.

Kami akhirnya menemukan jawabannya di sini. Aneh ya, bukannya jalan-jalan itu bikin hepi? Kenapa jalan-jalannya cuman direncanain aja, tapi gak dilakukan? Ternyata pas lagi merencanakan suatu perjalanan, hormon kebahagiaan kita meningkat. Dan ini gak cuma asal ngomong aja, karena ada bukti penelitiannya. Jadi sewaktu kita browsing tempat wisata yang kita tuju, lihat gambar-gambar indah, itu membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Walau pada akhirnya tidak jadi pergi ke tempat itu.

Jalan-jalan walau bikin hepi, tapi banyak juga duka nya ternyata. Mulai dari uang yang terkuras banyak, teman perjalanan yang tidak menyenangkan, kesasar, tempat yang tidak sesuai dengan ekspektasi, makanan khas yang tidak cocok dengan lidah kita, dan rasa lelah sehabis perjalanan. Dan bahkan ada bukti penelitiannya, bahwa sebenarnya orang-orang yang baru kembali dari suatu perjalanan tidak lebih bahagia dari orang yang hanya di rumah saja. Jadi, gak perlu lagi iri liat postingan temen-temen yang abis jalan-jalan ya.

Berdasarkan pengalaman kami, ini memang benar banget. Aku yang biasa jadi trip planner, aku berarti yang paling bahagia, hahahahaha…#congkak Tapi serius, aku bahagia. Walau banyak sekali tempat-tempat yang belum aku kunjungi, kadang kalau suntuk di kantor aku suka browsing iseng-iseng tempat-tempat baru. Itu membuat aku lebih bahagia, dan tahu, walau hanya sekedar melihat foto-foto saja.

Jalan-jalan kami gak jauh, contohnya kami suka jalan-jalan di pinggiran kali Cisadane pagi-pagi atau sore-sore. Jadi pertama kali kami suka main ke pinggir kali ini waktu pas aku pulang kerja, lewatin pinggir kali. Pas aku agak nengok ke kiri waktu itu matahari mau terbenam dan karena awannya cantik pemandangan lagitnya bagus banget, agak kekuningan dan terang. Aku suka liat langit yang kekuningan atau agak pink waktu matahari terbenam. Lalu ada awan-awan raksasa yang menyemburkan sinar matahari yang bersembunyi di belakangnya. Waktu itu Tangerang belum punya Flying Deck yang sekarang rame banget tiap sore.

Jadi di suatu sore di lain waktu, aku ajak angga ke pinggir kali, beli air mineral 2 botol, sebungkus coklat Cha-Cha dan beli gorengan 5 ribu supiah aja. Kami duduk di pinggir kali, Angga sesekali foto-foto, dan aku duduk nemenin dia moto. Sampai saat ini aku masih inget ini dan aku merasa bahagia tiap kali ingat. Itu pengalaman pertama kami menikmati sunset di Kali Cisadane.

Memang sih, Tangerang mungkin gak secantik kota-kota lain di Indonesia. Tapi, kalau teman-teman bisa menikmati setiap momen yang indah dengan baik dan hidup pada saat ini, tidak terburu-buru, duduk sebentar, rasanya akan berbeda. Seperti kami, duduk di pinggir kali, jalan sore di taman (sekarang banyak sekali taman di Kota Tangerang), atau Angga yang menikmati sore sambil foto-foto. Hal kecil seperti ini sudah membuat kami bahagia dan bersyukur atas kehidupan saat ini.

PSX_20170109_094814

PSX_20170109_094601
Warna-warni senja di Cisadane

PSX_20170108_152851

PSX_20170108_125000

PSX_20170108_124331
Walau sudah hampir maghrib, Bapak-bapak masih asyik memancing

PSX_20170108_123030

Nah, jalan-jalan gak perlu jauh atau mahal kan? Mungkin belum ada rejeki buat ke cuci mata ke New Zealand, atau menikmati dinginnya Pegunungan Himalaya. Kebahagiaan tidak perlu dicari sampai sejauh itu kalau belum sesuai dengan kemampuan. Kebahagiaan ada di dalam hati ini, tidak perlu mencari hingga jutaan mil jauhnya. Weekend ini kalau teman-teman gak ada rencana kemana-mana, mungkin bisa dicoba jalan-jalan di taman atau pinggir kali seperti kami. Ini kencan ala kami, si Petualang Cemen! Hahahahaha…

PSX_20170108_115722

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

