Kawista, Buah Busuk yang Ngangenin

Pernah makan buah Kawista? Buah yang memiliki nama latin Limonia acidissima ini bisa dibuat dodol, es, atau rujak buah. Kalau kami sih dari kecil makan buah ini biasanya dibuat jadi rujak buah kawista, jadi isinya dikerok dan dicampur air gula. Diminumnya siang-siang pas lagi panas terus pakai es, uhhh… seger banget! Sayangnya, sekarang makin susah kalau mau makan buah ini, biasa yang tanam pohon ini di kampung-kampung, di kota sepertinya sudah jarang.

kwista

Jadi belum lama ini kami beli buah ini di jalan dekat Bandara Soekarno Hatta, dekat TPU Selapajang. Ini pertama kali aku buat es buah kawista, jadi kayanya sudah bertahun-tahun lamanya gak makan ini. Dulu waktu kecil biasa yang olah buah ini ya mama, aku sih tinggal minum aja. Cara menikmati buah ini, dibanting atau kulitnya diketok pakai alu karena kulitnya keras. Kira-kira isi dalamnya seperti ini, berwarna coklat kehitaman.

kwista-2

Aroma buah kwista in menyengat banget. Buat yang suka akan mikir baunya ini enak, tapi kalau gak suka, buah ini memang seperti ada aroma busuk. Jadi buah ini memang sengaja matang di pohon sampai tua banget baru dimakan. Buah yang sudah masak akan jatuh dengan sendirinya dari pohon. Tekstur buah kwista yang sudah matang lembut, seperti selai, berpasir dan berbiji (bijinya garing dan bisa dimakan). Rasanya seperti perpaduan antara asam jawa dan kismis, sangat khas. Kalau masih muda rasanya agak sepet dan asam. Tapi kata mama buah kawista muda enak dimakan sambil dicocol garam.

Dulu kami pikir buah kawista ini buah khas Indonesia. Ternyata bukan lho, buah kawista berasal dari India, dan dianggap sebagai buah yang disucikan oleh umat Hindu di sana. Penyebaran buah kawista ini sampai ke Srilanka, dan beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia. Jika di Indonesia buah ini disebut kawista, di beberapa negara lain buah ini dikenal dengan nama wood apple (karena kulitnya yang keras), elephant apple (karena buah ini adalah salah satu makanan favorit gajah), atau monkey fruit.

z_p33-wood-01
Foto diambil dari sini

si Buah kawista ini ternyata punya segudang manfaat. Manfaatnya antara lain, baik untuk pencernaan, baik untuk pasien diabetes, melegakan gangguan pernafasan, baik untuk hati dan ginjal, obat jika digigit ular dan mengobati malaria. Walau buah ini punya segudang manfaat, jangan konsumsi buah ini secara berlebihan jika kamu memiliki riwayat penyakit maag karena dapat membuat perut kembung.

kwista-3

Salah satu cara mudah untuk menikmati buah ini adalah dimakan langsung begitu saja atau dengan gula. Tapi minuman es buah kawista mengingatkan kami pada memori semasa kecil, jadi kami membuat minuman buah ini. Cara membuatnya mudah sekali, kerok isi dari buah kwista, campur dengan air gula sedikit demi sedikit, lalu tambahkan air dan es batu. Walau penampilannya kurang meyakinkan tapi enak dan seger banget rasanya!

kwista-4

Referensi:

https://migrationology.com/wood-apple-fruit/

https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-wood-apple-or-bel-fruit.html

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s